Spesifikasi kandungan cangkang sawit

Khalayak apabila membicarakan cangkang sudah pasti mengarah pada persoalan limbah. Urusan sampah yang seolah-olah demikian adanya, tanpa harus diberi perhatian lebih. Menumpuk tanpa henti, dan dibiarkan begitu saja. Begitu halnya yang terjadi pada umumnya buah yang memiliki cangkang atau tempurung. Bagian inti (isi) buahnya diambil, sementara kulitnya dalam konteks ini tempurung atau cangkangnya dibuang menjadi sampah. Namun berbeda lagi dengan cangkang kelapa Sawit. Justru selain dimanfaatkan isi buahnya sebagai bahan membuat minyak, cangkangnya juga turut memiliki daya guna yang luar biasa. Apa saja spesifikasi kandungan cangkang Sawit sehingga menjadikan cangkang Sawit memiliki status lebih bermanfaat dibandingkan dengan yang lain.

Spesifikasi Kandungan Cangkang Sawit

Tidak ketinggalan pula, hal penting lain yang harus anda ketahui ialah terkait kandungan yang terdapat dalam cangkang atau tempurung kelapa Sawit. Dimana cangkang ini memiliki unsur-unsur yang sama sekali berbeda dengan cangkang buah yang lainnya. Utamanya dengan kelapa biasa pada umumnya. Adapun beberapa unsur yang menjadi kandungan khas cangkang Sawit ialah akan dipaparkan sebagai berikut:

Kadar Air

Dengan mengandung kadar air yang lembab (moisture in Analysis) sebesar 8-11% (Air Dried Basis) setidaknya menjadikan cangkang Sawit sangat cocok untuk dijadikan bahan bakar. Sebab, pada dasarnya semakin berkurangnya intensitas kadar air dalam sesuatu, maka menjadikannya mudah untuk terbakar. Selain itu, kondisi kadar air ini pula turut menentukan kualitas (daya tahan dan kekuatan).

Kadar Abu

Memiliki ash content (kadar abu) yang rendah, yakni kurang lebih sekitar 2-3% menjadikannya sangat cocok untuk menggantikan batu bara. Dengan menggunakan cangkang Sawit sebagai bahan bakar arang, setidaknya sangat membantu dalam melakukan pelestarian sumber daya alam yang terbatas. Selain itu, dengan menggunakan cangkang kelapa Sawit ini lebih memberdayakan stok sumber daya yang mudah diperbaharui.

Kadar Penguapan

Intensitas kadar penguapan yang lumayan tinggi, (volatile matter) yakni berkisar 69-70%. Apabila demikian, hal ini berarti dengan menggunakan cangkang Sawit akan jauh lebih ramah terhadap lingkungan sekitar. Sebab cangkang Sawit lebih relatif rendah mengandung zat sulphur karbon, sehingga mengurangi pencemaran polusi udara. Berbeda halnya tatkala anda menggunakan batu bara maupun bahan bakar sumber daya alam yang akan membuat polusi yang tinggi.

Karbon Aktif

Selain itu, cangkang kelapa Sawit juga mengandung kadar Karbon Aktif sekitar murni (fixed carbon) kurang lebih sebanyak 20-22%. Secara mendasar, Karbon Aktif yang bersumber dari limbah produksi varietas cangkang kelapa Sawit ini dapat dimanfaatkan untuk penyerapan CO2 dan untuk pemurnian biogas. Karbon Aktif ini sejatinya memiliki ukuran mikropori yang membantu untuk menyerap gas secara baik. Dengan menggunakan pengukuran Gas Sorption Analyzer (GSA) menunjukkan bahwa Karbon Aktif yang terdapat pada cangkang Sawit memiliki aktivasi zat kimia berikut. Daya serap CO2 kurang lebih sekitar 6,1%. Intensitas kadar CH4 yang dapat terdeteksi sebesar 65,5%. Sementara pada perhitungan Karbon aktif komersial kapasitas daya serap CO2 dapat diketahui sebesar 12,9%. Dan kuantitas kadar CH4 kurang lebih terukur sebesar 70,5%. Selisih pembeda sangat ketara nyata dalam pengukuran gas CH4 antara adsorben Karbon Aktif komersial dengan menggunakan cangkang Sawit. Apabila merujuk pada hasil GSA dan pengukuran gas yang valid dan resmi. Maka Karbon Aktif yang bersumber dari cangkang Sawit lebih mempunyai kesempatan potensi besar sebagai adsorben yang ditentukan oleh kadaritas CH.

Karbon Aktif sendiri merupakan material yang terbuat dari arang batok kelapa yang dibakar melalui intensitas tinggi suhu hingga menjadi arang. Melalui hasil pembakaran ini, secara langsung akan ditemukan karbon aktif. Salah satu media vital yang biasanya dijadikan untuk menjernihkan air.

Artikel Lainnya

Masih banyak artikel menarik lainnya seputar bisnis cangkang sawit.

Daftarkan usaha dan kebutuhan anda di
CangkangSawit Indonesia ?

Dapatkan penawaran langsung ke email anda langsung dari pembeli baik untuk kebutuhan lokal maupun ekspor.
Daftar Sekarang
Cangkang Sawit Indonesia. Copyright 2022, All right reserved.