Perbedaan cangkang sawit Dura dan Tenera

Kelapa Sawit merupakan salah satu varietas buah yang sering dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan minyak. Produk industri minyak sawit sendiri selalu dilakukan dalam jumlah yang besar, sehingga dampaknya akan selalu menyisakan limbah produksi seperti tempurung ataupun cangkang kelapa sawit itu sendiri. Namun tahukah anda, bahwa sesungguhnya kelapa Sawit juga memiliki ragam jenis. Sebut saja diantaranya kelapa Sawit jenis Dura dan Tenera.

Bagaimana karakteristik dua jenis kelapa sawit tersebut? Apa yang membedakan cangkang sawit dari kedua jenis kelapa sawit ini

Berikut Ini Perbedaan Cangkang Sawit Dura dan Tenera

Kelapa Sawit memiliki identitas dan karakteristik mencolok tertentu sebagai pembeda antara satu sama lain. Salah satunya ialah terletak pada bentuk, warna dan karakteristik tertentu menonjol yang terdapat pada cangkang. Begitu halnya yang berlaku pada cangkang jenis kelapa Sawit Dura dan Tenera. Adapun yang menjadi perbedaan di antara dua varietas tersebut ialah akan dipaparkan sebagai berikut:

Cangkang kelapa sawit Dura

Pada dasarnya, jenis kelapa Sawit Dura memiliki karakteristik cangkang yang tebal. Dimana ukuran ketebalannya kurang lebih sekitar 2-8 mm. Lapisan terluar dari bagian cangkang tidak ada serabut yang menyelimuti sama sekali. Ketebalan daging biji yang lumayan besar tidak berbanding lurus dengan daging buah yang dominan sebaliknya, lebih nampak tipis.

Cangkangnya yang tebal memiliki nilai kalori yang lebih tinggi yang membuat cangkang sawit ini memiliki kualitas yang lebih baik untuk digunakan sebagai bahan bakar boiler.

Cangkang kelapa sawit Tenera

Sementara jenis kelapa sawit Tenera sendiri merupakan hasil persilangan antara jenis Dura dan Psifera. Oleh sebab itu, tidak diragukan lagi apabila hasil buah kelapa sawit Tenera relatif bagus. Utamanya sangat rekomendasi untuk dibudidayakan. Cangkangnya memiliki tebal kurang lebih sekitar 0,5-4 mm dan memiliki serabut lebat yang menyelimutinya. Selain itu, jenis ini juga memiliki daging buah yang tebal, sehingga dapat menghasilkan hasil minyak dalam jumlah banyak.

Untuk cangkang nya sendiri juga masih dapat digunakan sebagai bahan bakar boiler yang di ekspor ke Jepang, Korea, Thailand dan lainnya.

Artikel Lainnya

Masih banyak artikel menarik lainnya seputar bisnis cangkang sawit.

Daftarkan usaha dan kebutuhan anda di
CangkangSawit Indonesia ?

Dapatkan penawaran langsung ke email anda langsung dari pembeli baik untuk kebutuhan lokal maupun ekspor.
Daftar Sekarang
Cangkang Sawit Indonesia. Copyright 2022, All right reserved.