7 Fakta Energi Biomassa

Dengan beragamnya sumber biomassa, pemanfaatannya menjadi sumber energi pun juga beragam. Terdapat beberapa fakta menarik energi biomassa

1. Energi biomassa adalah energi yang dapat diperbaharui, karena berasal dari bahan organik atau biologis seperti tanaman, hewan, ataupun residunya. Sumber yang dapat diperbaharui merupakan keunggulan biomassa, dapat dilakukan penanaman tanaman tertentu di suatu wilayah perkebunan, ataupun dengan peternakan.

2. Energi Biomassa adalah energi yang relatif bersih serta sumber pendukungnya pun tersedia tak terbatas, seperti tanaman memerlukan sinar matahari untuk berfotosintesis, dan hewan memerlukan matahari dalam berkembang.

3. Di Amerika Serikat, memanfaatkan energi biomassa menggunakan limbah padat perkotaan atau sampah. Bahan pemanfaatannya hampir 10 persen. Bahan-bahan yang digunakan atau dikonversikan menjadi energi listrik, bahan-bahan tersebut berupa bahan biogenik seperti kardus, kertas, sisa makanan, rerumputan, daun, ranting dan lain sebagainya. Hal tersebut juga dapat menjadi solusi pemecahan masalah sampah di perkotaan.

4. Tanaman jagung, singkong, gandum dapat menjadi ethanol, yang dapat menjadi campuran penyusun bahan penyusun bio-diesel, bio-avtur, bio-fuel. Tentunya dengan perbandingan yang telah ditentukan dengan spesifikasi setiap produk.

5. Di Indonesia terdapat wilayah penghasil energi biomassa dengan potensi besar, yaitu Riau. Riau memiliki potensi biomassa untuk pembangkit listrik dengan cara memanfaatkan limbah sawit dari perkebunan kelapa sawit. Potensi pembangkit listrik bersumber energi biomassa di Riau adalah sebesar 146 MW. Energi biomassa tersebut berasal dari pemanfaatan limbah sawit, tandan kosong, limbah cair, dan cangkangnya. Jumlah potensi tersebut adalah kalkulasi kemampuan masing-masing pabrik kelapa sawit yang berada di Riau, dengan potensi menghasilkan 1 MW. Lihat daftar penjual cangkang sawit disini.

6. Energi biomassa memanfaatkan limbah yang tidak terpakai. Limbah-limbah seperti hasil dari panen, pembangunan rumah, limbah kayu, limbah perkebunan kelapa sawit  dan lain sebagainya dapat dikonversikan menjadi energi listrik atau bahan bakar dengan cara dibakar.

7. Biomassa sebagai energi daur ulang. Di Cedar Rapids, Lowa, sebuah perusahaan daur ulang dapat menghasilkan 150 ton energi biomassa setiap hari, dengan tujuan menghasilkan energi listrik yang cukup setara dengan kekuatan untuk sekitar 4,000 rumah. Dengan cara mengkonversikan sampah menjadi energi.

Penggunaan biomassa pun dapat dimanfaatkan dengan lebih maksimal, mengingat Indonesia merupakan negara agraris, potensi untuk mengembangkan energi biomassa melalui kegiatan penanaman tanaman sebagai sumber energi biomassa ataupun melalui peternakan yang memanfaatkan kotoran hewan menjadi biogas pun adalah langkah yang sangat memungkinkan. Pemanfaatan biomassa pun dapat menjadi sumber energi yang mudah didapatkan karena sumbernya dapat disesuaikan dengan potensi yang ada disuatu wilayah. Mari kita dukung penggunaan sumber energi biomassa dengan ikut serta dalam pemanfaatannya ataupun dapat ikut andil dalam mengembangkannya, atau meningkatkan kesadaran masyarakat dalam penggunaan energi baru terbarukan khususnya energi biomassa. Bersih, murah, mudah didapatkan, ada dimana-mana adalah keunggulan energi biomassa.

Artikel Lainnya

Masih banyak artikel menarik lainnya seputar bisnis cangkang sawit.

Daftarkan usaha dan kebutuhan anda di
CangkangSawit Indonesia ?

Dapatkan penawaran langsung ke email anda langsung dari pembeli baik untuk kebutuhan lokal maupun ekspor.
Daftar Sekarang
Cangkang Sawit Indonesia. Copyright 2022, All right reserved.