Cangkang Sawit Sebagai Biomassa Alternatif

Sumber daya alam sangat dibutuhkan dalam kelangsung hidup manusia. Misalnya saja berfungsinya alat elektronik yang menggunakan listrik, tidak lain bersumber dari PLTA (pembangkit listris tenaga air) ataupun PLTN (pembangkit listrik tenaga nuklir). Begitu halnya dengan PLTU (pembangkit listrik tenga uap). Energi yang dihasilkan semuanya memanfaatkan sumber daya alam yang diolah melalui serangkau proses secara khusus. Namun apakah anda tahu, bahwa buah kelapa sawit yang selama dielu-elukan sebagai sumber utama penghasil minyak ternyata telah menyubang limbah produksi yang berupa cangkang. Nah, semakin penasaran saja bukan?. Apakah benar-benar tahu pula bahwa sekarang cangkang sawit sebagai biomassa akternatif. Untuk mengobati rasa penasaran tersebut, alangkah baiknya anda mentutaskan ulasan artikel di bawah ini.

Cangkang Sawit Sebagai Biomassa Alternatif

Tempurung atau lebih dikenal dengan sebutan cangkang kelapa sawit sejatinya memiliki banyak kandungan unsur yang luar biasa. Mulai dari kadar air yang lembab, intensitas abu yang minim, kadar penguapan yang tinggi sampai dengan kandungan karbon aktif. Sehingga tidak heran apabila cangkang sawit ini banyak digunakan sebagai bahan bakar alternatif. Namun meskipun demikian dalam tulisan ini, pemanfaatan cangkang sawit ini akan difokuskan pada biomassa alternatif. Adapun beberapa hal penting yang harus anda ketahui mengenai biomassa cangkang sawit ini ialah sebagai berikut:

Kadaritas Penguapan Tinggi

Kandungan intensitas kadar penguapan yang lumayan tinggi, (volatile matter) yakni berkisar 69-70%. Apabila demikian, hal ini berarti dengan menggunakan cangkang Sawit akan jauh lebih ramah terhadap lingkungan sekitar. Sebab cangkang Sawit lebih relatif rendah mengandung zat sulphur karbon, sehingga mengurangi pencemaran polusi udara. Berbeda halnya tatkala anda menggunakan batu bara maupun bahan bakar sumber daya alam yang akan membuat polusi yang tinggi. Dengan tingginya kadar penguapan ini, setidaknya cangkang sawit ini mampu menjadi potensi energi alternatif di bumi pertiwi yang terbarukan. Terlebih-lebih, apabila mengingat dan mempertimbangkan bahwa energi ini sangat masih jarang dipergunakan.

Potensi energi Pembaharu

Alasan logis lainnya yang memperkuat mengapa cangkang sawit sangat cocok untuk menjadi potensi energi biomassa yang menjanjikan ialah mempertimbangkan pula jumlah total pembakit listrik yang ada di Inodonesia sendiri. Hal itu dapat kita telusuri bahwa jumlah total pembangkit listrik di indonesia kurang lebih sekitar 25.218 MW, yang secara mayoritas mengandalkan tenaga fosil. Sementara di sisi yang lain, pertumbuhan pembangunan yang diimbangi dengan banyaknya permintaan pemasangan listrik terus meningkat. Terhitung jelas semenjak 10 tahun terakhir, rata-rata sampai menyentuh angka 6-9% pertahun. Sudah barang tentu hal ini tidak dimbangi dengan pasokan energi listrik yang ada. Sebagai dampaknya, banyak daerah yang harus mengalami krisis listrik.

Solusi Tepat

Sebagai solusi jitunya, yakni dengan menjadikan energi biomassa limbah produksi kelapa sawit, utamanya cangkang sebagai salah satu sumber energi yang sangat terbaharukan. Jawaban tepat untuk menyelesaikan persoalan kebutuhan energi listrik. Limbah sawit yang dapat dijadikan sebagai sumber energi yakni tempurung (cangkang) dan serabut. Dimana kedua bagian komponen dari kelapa sawit tersebut kaya akan kandungan kalori. Cangkang atau tempurung sawit misalnya, jumlah kalori yang dimilikinya kurang lebih sekitar 3500 kkl/kg. Sementara bagian serabut dari kelapa sawit mempunyai kalori sebesar 2637-3998 kkl/kg. Untuk perhitungannya biasanya disesuaikan dengan masa panen. Dalam skala pengolahan tandan buah segar (TBS) hasil panen 1 ton kelapa sawit sendiri, pada umumnya hanya akan menghasilkan 120 kg serabut dan 60 kg cangkang sawit.

Proses Pengolahan energi

Untuk menghasilkan energi biomassa melalui pengolahan cangkang sawit relatif mudah. Dimana anda harus mempunyai ketel uap. Caranya tempurung atau cangkang sawit cukup dibakar dengan tingkat panas tertentu sesuai aturan. Kemudian uap ini ditampung dan hilirkan melalui pipa hingga menuju mesin uap yang dimanfaatkan sebagai sumber energi pembangkit listrik.

Artikel Lainnya

Masih banyak artikel menarik lainnya seputar bisnis cangkang sawit.

Daftarkan usaha dan kebutuhan anda di
CangkangSawit Indonesia ?

Dapatkan penawaran langsung ke email anda langsung dari pembeli baik untuk kebutuhan lokal maupun ekspor.
Daftar Sekarang
Cangkang Sawit Indonesia. Copyright 2022, All right reserved.